Penggunaan dan Perawatan


Alat bantu dengar adalah alat mikro elektronik yang mempunyai fungsi dasarnya memperkeras suara, sehingga diharapkan ketika digunakan oleh orang yang gangguan dengar. Sama seperti alat pengeras suara lainnya, alat bantu dengar terdiri dari beberapa komponen, diantaranya yang utama adalah mikropon, amplifier, receiver/speaker, serta komponen lainnya battery (sumber energi), volume, switch dan yang lainnya. Cara kerjanya adalah sumber suara akan di tangkap oleh mikropon, kemudian diteruskan ke amplifier untuk diatur (perkeras dan dibuat lebih jernih), sebelum dikeluarkan oleh receiver/speaker.

Alat bantu dengar ini diproduksi dengan menggunakan komponen – komponen elektronik yang kecil dan sirkuit yang rumit. Ketika digunakan dengan benar, maka akan memberikan manfaat dalam peningkatan kemampuan mendengar dan komunikasi. Dalam melakukan perawatan, hindari alat bantu dengar tersebut dari panas yang berlebih, kelembaban yang ekstrim dan dari bahan kimia.

Mintalah bantuan orang yang spesialis dalam melakukan servis, perbaikan dan penggantian sparepart. Jangan pernah mencoba untuk memperbaiki alat bantu dengar Anda sendiri, karena beresiko dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut, yang mungkin tidak dapat diperbaiki. Selalu membaca buku petunjuk penggunaan yang disertakan pada alat bantu dengar Anda untuk lebih jelasnya. Selalu hubungi ahli perawatan pendengaran jika Anda mengalami masalah dengan alat bantu dengar Anda.