Kiat-Kiat Mengoptimalkan ABD

Butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar baru. Lamanya penyesuaian ini berbeda-beda setiap orang. Hal ini akan tergantung pada sejumlah faktor, jenis alat bantu dengar dan tingkat gangguan pendengaran Anda.

  1. Dalam keheningan rumah Anda

Cobalah untuk membiasakan mendengar semua suara baru. Dengarkan banyak suara yang terdengar dan coba untuk mengidentifikasi setiap suara tersebut. Lama-kelamaan Anda akan terbiasa dengan suara di lingkungan Anda. Jika tidak terbiasa, silahkan hubungi ahli perawatan pendengaran Anda.

Jika menggunakan alat bantu dengar membuat Anda lelah, matikan alat Anda untuk beberapa saat dan beristirahatlah. Secara bertahap, Anda akan mulai bisa mendengarkan dalam waktu yang lebih lama. Tak lama kemudian, Anda akan bisa memakai alat bantu dengar Anda nyaman sepanjang hari.

  1. Percakapan dengan orang lain

Duduk dengan orang lain di ruangan yang tenang. Saling berhadapan sehingga Anda dapat membaca ekspresi wajah dengan mudah. Mungkin Anda mengalami suara pembicaraan yang bisa sedikit mengganggu pada awalnya. Namun, setelah otak telah mampu menyesuaikan, Anda akan mendengar pembicaraan dengan lebih jelas.

3 Mendengarkan radio atau TV

Ketika mendengarkan TV atau radio, coba dengarkan komentator berita karena mereka biasanya berbicara dengan jelas, kemudian coba program lain.
Jika Anda merasa sulit untuk mendengarkan TV atau radio, mintalah rekomendasi dari ahli perawatan pendengaran Anda tentang aksesori yang tersedia untuk meningkatkan kemampuan Anda mendengarkan TV dan radio.

4. Dalam percakapan kelompok

Situasi kelompok biasanya tingkat kebisingannya lebih besar dan terasa lebih sulit untuk dihadapi. Dalam situasi seperti itu, fokuskan perhatian Anda pada orang yang ingin Anda dengar. Jika Anda melewatkan kata, mintalah pembicara untuk mengulanginya.

5. Penggunaan Telecoil di gereja, teater atau bioskop

Peningkatan jumlah gereja, teater dan bangunan umum sering memiliki sistem lingkaran. Sistem ini mengirimkan suara nirkabel yang akan diterima oleh telecoil pada alat pendengar anda. Biasanya, ada tanda apakah tempat tersebut memiliki telecoil. Tanyakan kepada ahli perawatan pendengaran Anda untuk penjelasan lebih lengkap.

6. Menggunakan telepon

 Ketika menggunakan telepon, miringkan bagian penerima di tulang pipi Anda dan posisi telepon sedikit di atas telinga dekat dengan mikrofon alat bantu dengar. Suara kemudian mengalir langsung ke alat bantu dengar melalui mikrofon. Hal ini akan mencegah alat bantu dengar dari bersiul dan memastikan kondisi terbaik untuk memahami pembicaraan. Bila Anda memiliki receiver dalam posisi ini, ingatlah untuk berbicara langsung ke corong di telepon untuk memastikan pemahaman komunikasi yang baik.

Kebanyakan alat bantu dengar belakang telinga memiliki telecoil built in. Juga, jika telepon Anda memiliki built in tele-loop, Anda dapat beralih ke program telecoil dalam rangka meningkatkan penerimaan suara lebih lanjut.

Ingat bahwa telecoil di alat bantu dengar Anda dapat mengambil sinyal yang mengganggu dari perangkat elektronik, seperti ponsel, komputer, televisi atau semacamnya. Pastikan bahwa alat bantu dengar memiliki jarak 2-3 meter untuk perangkat tersebut ketika menggunakan telecoil.

7. Telepon seluler

Alat bantu dengar Anda dirancang untuk memenuhi standar yang paling ketat dari International Electromagnetic Compability. Namun, tidak semua ponsel kompatibel dengan alat bantu dengar.

Jika Anda merasa sulit untuk mendapatkan hasil yang baik saat menggunakan ponsel Anda, ahli perawatan pendengaran Anda dapat memberikan rekomendasi untuk aksesori yang tersedia dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan.

 

Gunakan alat bantu dengar Anda sepanjang hari

Cara terbaik untuk memastikan pendengaran yang lebih baik adalah berlatih mendengarkan sampai Anda bisa memakai alat bantu dengar Anda nyaman sepanjang hari. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuh dari alat bantu dengar jika Anda jarang menggunakannya.

 Alat bantu dengar tidak akan mengembalikan pendengaran normal, tidak pula mencegah atau memperbaiki gangguan pendengaran akibat kondisi fisiologis. Tetapi alat bantu dengar dapat membantu kemampuan pendengaran Anda lebih baik. Jika Anda memiliki dua alat bantu dengar, pakailah selalu keduanya.

Manfaat yang paling penting dari memakai dua alat bantu dengar adalah:

  • Kemampuan Anda untuk melokalisasi suara akan meningkat.
  • Akan lebih mudah untuk memahami pembicaraan di lingkungan bising.
  • Memberikan Anda pengalaman yang lengkap, gambar suara yang lebih nyaman.