Cara Penanganan ABD

Apa yang harus Anda hindari?

Cobalah untuk menghindari menyimpan alat bantu dengar di tempat yang panas, (misalnya di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari) dan tempat yang basah (misalnya di tempat cuci mobil atau saat hujan lebat). Jangan sampai alat bantu dengar dikeringkan dalam oven microwave atau oven lainnya. Secara singkat:

  • menghindari panas,
  • hindari tempat basah
  • hindarkan dari bahan-bahan kimia

Lap baterai jika basah karena dapat mempengaruhi kinerja baterai. Menggunakan kit anti-lembab dapat membantu untuk menghindari masalah ini dan bahkan mungkin memperpanjang umur alat bantu dengar Anda. Baca saran berikut, dan silakan berkonsultasi dengan ahli perawatan pendengaran Anda untuk saran lebih lanjut.

  • Kerusakan yang disebabkan oleh kotoran

Saluran telinga Anda menghasilkan kotoran telinga yang mungkin menyumbat bagian telinga. Kotoran telinga adalah salah satu penyebab utama masalah pada alat bantu dengar ITE (in-the-ear) dan RITE (receiver-in-the-ear). Kebanyakan alat bantu dengar ITE dan RITE dilengkapi filter atau perangkat lain untuk mencegah kotoran masuk ke alat bantu pendengaran.

Gunakan sistem perlindungan dari kotoran dan alat untuk membersihkan kotoran yang menumpuk. Berkonsultasilah dengan ahli pendengaran Anda tentang sistem perlindungan dari kotoran yang ada di alat bantu dengar Anda.

  • Kelembaban

Kelembaban dapat merusak sirkuit di alat bantu dengar anda. Lepas alat bantu dengar Anda sebelum berenang, mandi atau pergi keluar saat hujan lebat dan jangan menyimpannya di kamar mandi. Keringkan keringat apapun di dalam dan sekitar telinga Anda secara teratur.

Buka pintu baterai untuk memungkinkan udara untuk bersirkulasi setiap kali Anda tidak menggunakan alat bantu dengar Anda, terutama pada malam hari atau ketika tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama, dan mempertimbangkan menggunakan kit pengering khusus.

 

  • Benturan

 Ketika menangani alat bantu dengar Anda, adalah ide yang baik untuk menjaga alat di atas permukaan lembut untuk menghindari kerusakan jika Anda menjatuhkannya. Jauhkan alat bantu dengar Anda ketika presentasi atau simpan dalam wadah yang kering ketika Anda tidak menggunakannya.

 

  • Panas

Lindungi alat bantu dengar Anda dari sinar matahari langsung dan jangan meninggalkannya di dekat pemanas atau di mobil Anda. Jangan pernah menaruh alat bantu dengar di microwave atau oven untuk mengeringkan alat bantu dengar.

 

  • Hairspray dan makeup

Kontak langsung dengan bahan kimia seperti kosmetik, hairspray, parfum, lotion dan obat nyamuk dapat merusak alat bantu dengar. Selalu lepas alat bantu dengar sebelum menggunakan produk tersebut dan tunggu produk kering sebelum memasang kembali alat bantu dengar. Jika menggunakan lotion, pastikan tangan Anda kering sebelum memakai alat bantu dengar.

 

  • Jauhkan alat bantu dengar dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jauhkan alat bantu dengar Anda, baterai, dan kelengkapan lainnya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Anjing bisa iritasi oleh suara siulan dari alat bantu dengar. Baterai alat bantu dengar bisa berbahaya jika mereka tertelan oleh anak-anak atau hewan peliharaan. Hubungi dokter atau dokter hewan jika baterai atau alat bantu dengar secara tidak sengaja tertelan.