Tips Memilih ABD


Untuk orang yang mengalami gangguan dengar, maka dampak negatif pertama yang akan di rasakan adalah mendengar suara menjadi lebih kecil. Alat bantu dengar adalah alat elektronik yang mempunyai fungsi dasarnya memperkeras suara, sehingga diharapkan ketika digunakan oleh orang yang gangguan dengar, kemampuan mendengarnya menjadi lebih baik, sehingga mempunyai kesempatan komunikasi menjadi lebih mudah.

Fungsi alat bantu dengar, selain hanya memperkeras suara, juga harus di dukung oleh teknologi – teknologi yang bisa memberikan manfaat nyata yang benar – benar bisa di rasakan oleh pengguna alat bantu dengar dalam, dianataranya kenyamanan dan kualitas suara yang natural dan jernih, sehingga kebutuhan mendengar dan mengerti akan pemahaman komunikasi menjadi lebih mudah

Setiap brand alat bantu dengar yang ada, berlomba – lomba bisa menghasilkan teknologi (oleh tim riset) yang mampu memberikan manfaat yang bisa di rasakan oleh pengguna alat bantu dengar dengan optimal. Bahkan sampai harus melakukan kajian bagaimana otak manusia bekerja dalam hal mendengar (karena yang mendengar itu adalah otak), sehingga diharapkan bisa menghasilkan teknologi di dalam alat bantu dengar yang bisa menyerupai sistem kerja otak dalam mendengar (BrainHearing Technology)

Alat bantu dengar memiliki beberapa tipe, teknologi, model/bentuk dan warna yang berbeda. Dalam menentukan pilihan alat bantu dengar yang tepat dan sesuai, harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya :

• Gain atau Kekuatan dari ABD disesuaikan dengan derajat gangguan pendengaran
• Teknologi atau Kelas dari ABD disesuaikan dengan kondisi lingkungan pendengaran sehari – hari
• Model atau Bentuk dari ABD disesuaikan dengan derajat gangguan pendengaran dan kondisi medis lubang telinga
• Penggunaan ABD pada Kedua Telinga disesuaikan dengan gangguan pendengaran pada kedua telinga
• Harga atau Biaya dari ABD disesuaikan dengan anggaran yang sudah dialokasikan untuk investasi ABD