Manfaat Implantasi Koklea Bilateral

Manfaat implantasi koklea bilateral

Untuk merasakan suara sehari-hari dalam stereo, kita harus mampu mendengar dengan kedua telinga. Bagi calon dan penerima implan koklea, implantasi bilateral (implan koklea di kedua telinga) adalah solusi ideal untuk memberikan pengalaman pendengaran yang lengkap.

 

Perbedaan bilateral

Ketika hanya satu telinga saja yang berfungsi dengan benar, mendengar suara di sekitar anda pun bisa terasa sangat menantang. Hal ini karena kepala Anda bertindak sebagai penghalang suara yang datang dari arah yang berbeda. Implan koklea bilateral membantu memberikan pendengaran 360 derajat lebih alami.
 

Pendengaran unilateral

Bila suara didengar oleh hanya satu telinga, otak merasa sulit untuk memproses jarak dan arah suara. Hal ini membuat sulit untuk menemukan sumber dari banyak suara, atau fokus pada satu suara di tengah orang banyak

 

Pendengaran bilateral

Kemampuan untuk mendengar suara dengan kedua telinga memberikan efek mendengar instereo. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih pembicaraan lembut atau jauh, memisahkan satu suara dari kebisingan latar belakang dan menentukan arah mana suara berasal.

 



Implantasi awal dan teknologi masa depan

Stimulasi dari telinga kedua membantu untuk membangun jalur saraf penting di otak yang diperlukan untuk pendengaran. Jika telinga tidak dirangsang dengan baik oleh alat bantu dengar atau implan koklea, rute jalur kritis ini tidak dapat berkembang dan mungkin berdampak pada kemampuan penerima untuk mengakses teknologi di masa depan.

 

Penerapan teknologi pendengaran di masa depan tidak diketahui dan waktu yang diharapkan tidak pasti. Sementara itu, desain implan dan teknik bedah dimaksudkan untuk meninggalkan sel-sel rambut yang utuh sehingga penerima dapat mengakses teknologi masa depan jika telah tersedia.

 


Manfaat implantasi bilateral

  • Lebih terhubung

Mendengar dengan kedua telinga dapat meningkatkan pemahaman pembicaraan dalam suasana bising, seperti di tempat kerja, di kelas atau di restoran yang sibuk. Penerima bilateral juga berkomentar bahwa volume dan nada terdengar lebih baik dengan dua implan dibandingkan dengan satu.

 

  • Lebih percaya diri

Kemampuan mendengar dengan kedua telinga memungkinkan kita untuk lebih akurat memahami dari mana suara berasal. Hal ini membuat kita merasa lebih percaya diri dan lebih aman dalam situasi sehari-hari seperti menyeberang jalan.

 

  • Lebih seimbang dan santai

Implan Bilateral dapat membawa persepsi suara yang lebih seimbang sehingga lebih mudah untuk mendengar suara sehari-hari, termasuk musik, tanpa regangan konstan terkait dengan gangguan pendengaran.

 

  • Ketenangan pikiran

Mengetahui bahwa anak Anda dapat mendengar dengan jelas di sekolah, membuat Anda bisa berpikiran tenang. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang hanya mendengar dengan satu telinga sepuluh kali lebih mungkin untuk gagal kelas daripada rekan-rekan mereka yang mendengar secara bilateral. Mereka juga dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan masalah perilaku di dalam kelas.

 

  • Cochlear - didesain dengan pendengaran bilateral dalam pikiran

Karena Cochlear mendesain semua sistem implan Nucleus® dengan pendengaran bilateral dalam pikiran, ada banyak manfaat untuk memilih Cochlear untuk telinga kedua Anda atau anak Anda.