Cochlear Implant Bilateral Simultan Pertama di Indonesia PDF Print E-mail

Kasoem Hearing center bersama tim-nya telah melaksanakan implantasi koklea simultan pertama di Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 8 November 2008 yang lalu di salah satu rumah sakit international di Jakarta.


 

Implantasi Koklea sendiri sebenarnya bukanlah hal yang baru di Indonesia, namun, biasanya dilakukan di satu telinga saja. Adapun jika dilakukan di dua telinga, operai dilakukan secara terpisah tidak dalam waktu yang sama.

Penelitian dilakukan terus menerus oleh institusi di dunia, yang pada akhirnya menyatakan bahwa operasi implan koklea yang dilakukan di dua sisi secara bersamaan akan menghasilkan outcome yang lebih sempurna, karena binaural hearing are natural hearing.

Kayla Angeline (2), putri dari Bambang Hidayat dan Maureen Berlinda terdeteksi memiliki gangguan pendengaran berat sampai dengan 110dB pada bulan September lalu. Gangguan Pendengaran ini diduga disebabkan oleh Rubella.

Orang tua pun memutuskan untuk memakaikan Kayla implan Koklea Freedom dari Cochlearâ„¢, yang pada saat ini merupakan teknologi tercanggih bagi para penyandang gangguan pendengaran sensori neural.

Operasi Kayla berjalan dengan lancar dan memakan waktu sekitar 4 jam termasuk persiapan didalamnya. Operasi dilakukan oleh tim-medis implantasi koklea Kasem Hearing Center yaitu prof Helmi sebagai surgeon, dr. Siti Faisa, dr eko teguh dan bekerasama dengan Prof Lokman Saim dari Universitas Kebangsaan Malaysia.

Selanjutnya, implan koklea akan diaktivasi 3 minggu setelah operasi implan dan akan dilakukan Terapi Auditory-Verbal oleh Anne Ahzab serta habilitasi mapping oleh Krisandi sebagai Clinician Cochlear.

 

Comments  

 
-1 #24 2014-03-13 06:00
Anak sy selesai test ASSR di Makassar, hasilnya ggn pendengaran di atas 100 db (tdk terbaca) dan harus implant kokhlea, mohon info di rumah sakit mana saja d indonesia yg bisa melakukan operasi implant kokhlea
Quote
 
 
0 #23 2014-03-13 05:57
Anak sy selesai test ASSR di Makassar, hasilnya ggn pendengaran di atas 100 db (tdk terbaca) dan harus implant kokhlea, mohon info di rumah sakit mana saja d indonesia yg bisa melakukan operasi implant kokhlea
Quote
 
 
0 #22 2014-03-13 05:56
Anak sy selesai test ASSR di Makassar, hasilnya ggn pendengaran di atas 100 db (tdk terbaca) dan harus implant kokhlea, mohon info di rumah sakit mana saja d indonesia yg bisa melakukan operasi implant kokhlea
Quote
 
 
+1 #21 2013-11-28 02:41
keponakan sy umur 1 tahun 7 bulan, ketika diperiksa kedua telinganya terjadi kerusakan pd siput telinga, oleh dokter THT dimakassar disarankan penanaman implant, namun biayanya lumayan besar 350 juta rupiah, yg saya tanyakan apakah ada biaya yg lebih murah atau apakah operasi seperti ini tdk ditanggung oleh ASKES?terimakasih
Quote
 
 
0 #20 ayu sarie asdaryati 2013-11-27 04:02
minta informasi

untuk biaya implan koklea saat ini brp ya
Quote
 
 
0 #19 2012-09-04 02:43
Sy menderita telinga berdenging sdh hampir 4 thn sehingga sulit sekali mendengar dgn jelas pembicaraan org lain, meski sdh berobat ke dokter THT tp sampai skrg blm ada perubahan, seandainya bs memakai alat bantu dengar mohon informasinya kira2 alat bantu apa yg cocok utk telinga berdenging seperti sy terima kasih....
Quote
 
 
+2 #18 2012-08-06 05:16
mohon informasi mengenai biaya implant cochlea.. skrg anak saya memakai ABD Safari 900 dari Kasoem..
Quote
 
 
+1 #17 2012-02-23 04:59
saya adalah orang tua yg sudah melakukan pemakainn coclear implan sejak anak saya berumur 3 tahun,sekarang anak saya berumur 11 tahun dan bersekolah di sekolah normal
Quote
 
 
+2 #16 2011-12-09 09:00
mohon dapat diberikan informasi mengenai besarnya rincian biaya yg diperlukan untuk pelaksanaan implan kokle dan di RS mana pelaksanaanya, karena anak kami3th ada gangguan pendengarannya.
terimakasih.
Quote
 
 
0 #15 2011-11-20 20:27
saya wanita berumur 21th. saya telah melakukan tes audiometri, timpanogram, dan oae. hasil tes audiometri menunjukkan telinga kanan saya memiliki ambang batas 19dB dan telinga kiri saya 106 dB. pada tes oae menunjukkan adanya gangguan pendengaran pada telinga kiri saya, dan pada tes timpanogram normal pada kedua telinga saya. dokter tht menyarankan saya untuk menggunakan baha tetapi dari hearing loss center menyarankan saya untuk melakukan implan koklea karena gangguan pendengaran saya termasuk berat dan dikhawatirkan pendengaran telinga kanan saya mengikuti menurun karena gangguan pendengaran ini terjadi sejak lahir dan data audiometri menunjukkan mulai ada penurunan pendengaran pada telinga kanan saya. alat bantu dengar apa yang sebaiknya saya gunakan dan berapa harga alat dan operasinya?
terima kasih.
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

AddThis Social Bookmark Button

MENU

Konsultasi - dr. FAISA, Sp.THT

valid xhtml valid css