Bagaimana Pendengaran Bekerja?

Telinga, meskipun ukurannya yang kecil merupakan organ yang sangat kompleks. Bertindak sebagai penyaring suara, telinga mengubah setiap suara yang didengar menjadi sebuah informasi akurat yang diterima otak.

Telinga terdiri dari tiga bagian. Telinga luar (telinga luar dan saluran telinga), telinga tengah (gendang telinga dan tiga tulang yang sangat kecil), dan telinga bagian dalam (koklea dan saraf pendengaran).

Setiap telinga terdiri dari mekanisme halus dan sangat kompleks. Telinga menangkap suara yang berjalan melalui udara dalam bentuk gelombang yang dihasilkan dalam serangkaian getaran. Di telinga bagian dalam, sel sensorik kecil dan serat saraf mengambil getaran suara tersebut dan mengubahnya menjadi impuls listrik bagi otak dan kemudian diproses. Otak menafsirkan sinyal tersebut menjadi suara yang bermakna.

Jika telinga terkena getaran yang kuat dari waktu ke waktu, sel-sel sensorik dan seratnya bisa menjadi rusak. Jika diabaikan, hal ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Maka dari itu, jaga organ pendengaran kita dengan baik.