Cara Melindungi Pendengaran Anda

Dalam hidup, tentu setiap orang mendengar sejumlah suara dengan tingkatan yang berbeda. Suara yang melebihi 85 dB SPL biasanya dianggap berbahaya.

Anda mungkin tidak menyadari kalau 85 db SPL setara dengan suara lalu lintas yang bising. Musik keras seperti klub malam atau konser music rock adalah sekitar 100 dB SPL.

Terlalu sering mendengar suara pada atau lebih dari 85 dB SPL bisa menyebabkan kerusakan pendengaran secara permanen!

Memang menakutkan. Tetapi tenang, karena hal tersebut bisa kita cegah. Lakukan beberapa tips sederhana berikut ini untuk melindungi pendengaran Anda dan mencegahnya dari kerusakan pendengaran yang mungkin terjadi. 

Matikan beberapa peralatan bersuara keras Ketika di rumah, kecilkan volume televisi, radio, dan MP3 player. Kurangi beberapa peralatan yang berisik yang dimainkan secara bersamaan. Belilah produk yang tidak menimbulkan suara yang terlalu berisik (lebih rendah tingkat dB-nya lebih baik). 
Menjauh dari sumber kebisingan

Sebisa mungkin, menjauhlah dari tempat yang bising.

Gunakan pelindung telinga

Sebisa mungkin, gunakan selalu pelindung telinga, terutama saat bekerja dengan peralatan yang bising seperti mesin pemotong rumput. Ketika Anda mendengar suara keras secara tiba-tiba, langsung tutup lubang telinga dengan jari Anda.